12 Mar 2011

Pilih Nama Domain dan Hosting


Cara memilih nama Domain dan hosting
 Memang sederhana kalau kita bilang ..tinggal pilih nama aja apa susahnya sih..itu biasanya yang terpikir pertama kali knapa memilih domain aja kok ada caranya.Pertama kita informasikan dulu apa sih domain itu ?
 Nama Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama Domain memberikan kemudahkan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP.

Apa itu IP ? TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack


Apa itu Hosting ? Menurut Wikipedia Indonesia, yang dimaksud dengan hosting adalah:Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Jadi kalau diambil simpelnya domain ibarat nama jalan dan hosting ibarat rumahnya,saya kira itu kata yang paling sederhana yang bisa saya utarakan antara Nama domain dan Hosting.

Seakarang sedikit saran untuk memilih nama domain :
  • Nama domain hendaknya yang singkat dan gampang dihafal sehingga memudahkan untuk diingat oleh siapapun.
  • Usahakan jangan menggunakan tanda – (das), _ (underscore) itu sedikit membingungkan bila untuk diingat kadang akan salah menulis.
  • Yang lebih baik nama domain berhubungan dengan kata kunci atau Keyword, yang kita bidik sehingga lebih familier dengan search engine .

Cara Memilih Hosting :
  • Lihat Dulu Customer Supportnya Sebelum Anda memilih perusahaan web hosting untuk website Anda, pastikan bahwa semua pertanyaan Anda baik melalui e-mail, telepon, maupun chat online selalu dijawab dalam waktu yang cukup singkat (kurang dari 1 jam). Hal ini secara langsung mengukur tingkat profesionalitas layanan.
  • Pastikan Perusahaan Hosting yang Anda Pilih benar – benar sebuah Perusahaan yang Profesional  alah satu cara pengecekan berapa lama perusahaan web hosting yang Anda pilih di antaranya dengan melakukan whois pada domain perusahaan web hosting tersebut.
  • Kualitas Hardware, Software, dan Internet Connectivity
    Perusahaan hosting yang profesional dan menjaga nama baiknya tentu saja tidak akan mempertaruhkan kualitas layanan. Oleh karena itu hardware dan software pada server tentu saja akan menjadi salah satu concern utama dalam menghadirkan layanan yang prima. Di samping itu satu hal yang pasti, datacenter yang digunakan juga adalah datacenter yang benar – benar berkualitas dengan internet connectivity backbone yang handal sehingga website pelanggan akan cepat diakses dan stabil.

Nah saya kira itu aja informasi dari saya karena saya sudah pernah kejadian beli domain ama hosting server kabur ngak ada angina, makanya saya menulis ini karena bisnis internet akan selalu berhubungan dengan domain dan hosting
By didik purwanto